Rabu, 16 November 2022

Empat Tips untuk Mengetahui Minat dan Ketertarikan Anak (part 2)

 Assalamu’alaikum, Parent!

#ParentTips kali ini masih merupakan kelanjutan dari pembahasan artikel sebelumnya terkait bagaimana mengetahui minat anak. Langsung saja ya Parent.

3.    Sabar dan Dengarkan Pendapat Anak

Setelah mengamati dan mengumpulkan informasi, hal selanjutnya yang bisa Parent lakukan adalah mendengarkan pendapat mereka. Dalam melakukan ini, Parent sebaiknya lebih bersabar karena setiap anak memiliki cara yang berbeda dalam menyampaikan pendapat, biasanya hal ini ditentukan juga dengan kepribadian anak.

Ada tipe anak yang nyaman mengutarakan pendapat mereka secara langsung dan blak-blakan namun ada juga anak yang mungkin sedikit lebih pemalu dan berhati-hati dalam mengungkapkan apa yang menjadi ketertarikannya. Disinilah peran Parent untuk berinisiatif bertanya lebih dulu. Lebih tepatnya, Parent akan memvalidasi dan memastikan bahwa informasi yang telah dikumpulkan sepanjang pengamatan sudah benar adanya merupakan ketertarikan betul yang dimiliki oleh anak. Bangun komunikasi yang baik dan tanyakan pendapat mereka apa benar mereka menyukai kegiatan tersebut?

4.    Menyediakan media dan kesempatan

Sampai pada tahap ini, diharapkan Parent telah mengetahui secara jelas ketertarikan dan minat anak terhadap apa dan berusaha memberikan mereka ruang dan kesempatan untuk semakin mengeksplor ketertarikan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti mendaftarkan mereka pada kelas sesuai dengan minat mereka. Jika mereka punya minat dan ketertarikan untuk menggambar maka Parent bisa coba untuk mendaftarkan mereka pada kelas khusus menggambar. Namun, sebelum mendaftarkan, ada baiknya jika Parent sekali lagi melakukan konfirmasi langsung ke anak ya. Tanyakan apakah mereka benar-benar menginginkan hal tersebut.


Ada kalanya anak merasa ragu untuk menunjukkan ketertarikan mereka terhadap sesuatu di depan orang banyak. Jika seperti ini, Parent tetap bisa kok memfasilitasi minat mereka selain mengikutkan mereka di kelas belajar secara langsung. Misalnya dengan menyediakan medianya langsung di rumah sendiri. Jika dirasa sudah cukup lama, Parent boleh bertanya kembali ke anak apakah mereka tertarik untuk bertemu dengan teman-teman lainnya yang memiliki ketertarikan yang sama. Bertemu dengan kawan dengan minat yang sama bisa membantu anak untuk lebih percaya diri dalam melakukan hal yang menjadi ketertarikan mereka.

Point penting lainnya adalah jangan mendesak anak. Ketika mereka ragu dan merasa tidak nyaman untuk menunjukkan ketertarikan mereka terhadap sesuatu, peran Parent adalah memberikan afirmasi positif untuk berani mencoba agar perlahan perasaan ragu yang mereka miliki perlahan bisa mereka atasi.

Okay, that’s a wrap!

Sampai jumpa di sesi #ParentTips lainnya ya Parent.

Wassalam!  

Adam&Hawa

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar