Jumat, 09 Desember 2022

Step by Step Mempersiapkan Anak Sebelum Masuk Sekolah (Bagian 1)

Assalamu’alaikum Parent!

Alhamdulillah, sudah hari jumat, Parent! Harusnya makin semangat ya menyambut akhir pekan yang bisa digunakan untuk quality time bareng anak-anak ๐Ÿ˜Š

Oke, kali ini pada sesi #ParensTips, AdamHawa akan berbagi tips lainnya –yang pastinya tidak kalah bermanfaatnya dengan tips-tips sebelumnya. Kali ini kita akan bahas tips untuk mempersiapkan anak-anak sebelum masuk sekolah. Parent yang punya bocah-bocah usi sekolah merapat yak!

Memasuki dunia akademik formal atau sekolah merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam tahap perkembangan seorang anak. Setiap anak akan masuk sekolah pada tahap perkembangan yang bisa jadi berbeda dan ini adalah sesuatu yang tidak perlu Parent khawatirkan. Memberikan pengalaman terbaik tepat di awal anak bersekolah mampu memberikan dampak yang positif terhadap keseluruhan perjalanan pendidikan mereka.

Beberapa hal yang Parent bisa lakukan untuk memberi dukungan kepada anak adalah:

1.          Mempersiapkan anak secara emosional.

Bersamai anak untuk familiar dengan lingkungan sekolah. Berkenalan dengan tempat dan orang baru terkadang bisa menjadi hal yang sangat ‘menakutkan’ bagi mereka. Membuat mereka familiar dengan lingkungan sekitar yang baru, mengajaknya bertemu dengan guru dan pendamping yang akan membersamai mereka di kelas akan memberi ‘jaminan’ pada anak bahwa mereka akan menghabiskan waktu di sekolah yang akrab dan menerima mereka dengan ramah dan hangat. Parent bisa mencoba Langkah-langkah di bawah:

  • Atur waktu untuk datang ke skolah bersama anak sebelum kelas pertama dimulai sehingga anak bisa memiliki waktu untuk ‘berkenalan’ dengan sekolah baru mereka.
  • Hadir pada pertemuan orang tua yang biasanya diadakan oleh sekolah sebelum memulai kelas dan tanyakan beberapa informasi penting seperti apa yang menjadi ekspektasi sekolah terhadap anak-anak.
  • Jika Parent sudah memiliki anak yang lebih tua –yang sudah mulai bersekolah di sekolah yang sama, minta bantuan mereka untuk memberi tambahan penjelasan kepada anak yang lebih mudah. Penjelasan dari saudara mampu membuat mereka lebih rilleks karena seperti bercakap-cakap secara natural dengan teman sebaya.

2.          Bantu anak bersosialisasi

Hal ini penting dilakukan untukanak-anak yang sebelumnya tidak mengikuti kelas taman kanak – kanak sehingga benar-benar harus mulai menjalin pertemanan untuk kali pertama di sekolah baru mereka. Hal yang bisa dilakukan adalah, para orang tua bisa mengatur waktu diluar jadwal sekolah –dan tentunya sebelum kelas dimulai, untuk memberi anak kesempatan bertemu dengan teman-teman baru mereka. Hal ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi anak untuk mulai membangun komuniskasi dengan sebaya yang akan banyak menghabiskan waktu bersama mereka di kelas.

3.           Bangun suasana yang menyenangkan

Hal ini dimaksudkan untuk membiarkan anak ‘menikmati’ momen-momen menyambut hari pertama di sekolah, Parent bisa melakukan semacam roleplay atau bermain peran tentang sekolah di rumah atau Bersama-sama membaca buku tentang sekolah. Dorong anak untuk bertanya dan jawab mereka dengan jujur. Hal ini akan membantu anak untuk semakin familiar terhadap aktivitas yang akan mereka lakukan di sekolah nantinya.

Photo by Iulia Mihailov on Unsplash

4.          Persiapkan anak untuk lebih mandiri

Kemampuan untuk mandiri baik dari segi akademik maupun secara personal penting bagi anak ketika mereka mulai sekolah untuk meningkatkan rasa percaya diri. Di sekolah, tentunya hal ini akan banyak dibantu oleh tenaga pendidik, namun Parent juga bisa membantu anak-anak dirumah, dengan cara:

  • Ajari mereka untuk menggunakan toilet. Hal ini mencakup melepas dan memakai kembali pakaian mereka, membersihkan diri dan mencusi tangan.
  • Ajari mereka untuk menjaga kebersihan. Dapat dimulai dari hal yang paling sederhana yaitu mencuci tangan dengan benar setelah bermain hingga dilanjutkan dengan bagaimana menjaga pakaian mereka tetap bersih selama bermain.
  • Ajari mereka untuk bisa berpakaian secara mandiri. Pada umunya, akan ada mata pelajaran olahraga yang mengharuskan anak untuk menggunakan baju tertentu oleh karenanya sangat penting untuk mengajarkan anak bagaimana cara melepas dan mengganti pakaian sebelum masuk sekolah.
  • Ajarkan bagaimana menggunakan peralatan makan dan minum dengan benar. Di sekolah mereka akan melewati waktu makan bersama dengan sebayanya. Awalnya anak mungkin akan merasa ‘kaku’ menggunakan beberapa peralatan makan namun kebiassan mandiri ini akan terus membaik seiring mereka semakin sering menggunakannya ketika di sekolah.

Masih ada dua bagian lagi ya Parent yaitu bagaimana mempersiapkan anak dari segi kemampuan akademik dan yang tidak kalah penting adalah hal-hal yang Parent juga harus persiapkan selaku support system utama anak yang akan membersamai perjalanan anak selama usia sekolah mereka. Masyallah, semangat ya Parent ๐Ÿ˜Š

Sampai jumpa di bagian dua!

Wassalam!

 


Adam&Hawa

Author & Editor

0 comments:

Posting Komentar